Wednesday, October 29, 2014

TAMAN SUROPATI CHAMBERS #JAKARTAREPOSEPROJECT



Beberapa tahun belakangan ini pemerintah DKI Jakarta mulai menciptakan penghijauan dengan cara membuat taman di ibu kota, salah satunya adalah Taman Suropati. Mungkin bagi warga Jakarta nama Taman Suropati sudah tidak asing lagi di telinga. Setiap hari Minggu pagi sering dijumpai beberapa orang sedang berlari pagi, orang tua berolahraga dengan jalan pagi dan tidak sedikit anak kecil berlarian ke sana ke sini. Seiring keramaian tersebut, terdengar suara alunan gesekan biola yang merdu. Satu hal yang menarik dari Taman Suropati ini adalah Taman Suropati Chamber (TSC) yang mana suara gesekan biola tersebut berasal.

Taman Suropati Chamber yang dipimpin oleh Ages merupakan suatu komunitas belajar mengajar musik, terutama biola yang berlokasi di Taman Suropati. Ages sendiri adalah seorang pendatang dari Jawa Tengah yang memiliki latar belakangan sebagai guru. Jiwa seni yang dimiliki oleh Ages membawa Ages meninggalkan pekerjaan guru lalu mencari batu loncatan untuk merintis karir musik dengan cara menjandi pengamen. TSC berawal dari kegiatan Ages dengan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) yang sering bermain musik di Taman Suropati dengan alasan Taman Suropati memiliki suasana  yang tenang. TSC dibentuk pada tahun 2007 dengan jumlah anggota sebanyak 38 dimana anggota tersebut terus bertambah banyak. Hingga sat ini, anggota TSC kurang lebih sebanyak 400. Tujuan didirikannya TSC ini adalah untuk membantu masyarakat yang ingin bermain musik tetapi tidak memiliki biaya untuk melakukan kursus. Alasan pemilihan taman suropati sebagai tempat belajar pun sangat sederhana, karena menurut Ages Taman Suropati memiliki pohon yang besar yang dapat memberikan supply oksigen yang cukup bagi member TSC dan alasan keamanan.



Konsep yang ditawarkan oleh Ages mengenai TSC ini adalah rekreatif, edukatif, dan kreatif. Maksud dari rekreatif adalah hari minggu tidak harus ke mall dan dapat melakukan kegiatan positif di taman. Konsep edukatif yaitu memberikan pendidikan musik bagi masyarakat. Kreatif dari TSC adalah tidak hanya menjadikan taman sebagai tempat penghijauan ataupun hiburan semata, tetapi taman dapat dikreasikan oleh masyarakat.

TSC dapat dikatakan sebagai salah satu wadah bagi masyrakat agar dapat belajar bermain musik, seperti biola, gitar, dan flut. Terdapat beberapa kelas yang ditawarkan oleh TSC, yaitu kelas bibit bagi pemula, kelas akar, batang, ranting, dst. Kelas tersebut memiliki tingkatan kesulitan yang berbeda. Masing-masing kelas memiliki masing-masing pengajar yang profesional di bidangnya. Jumlah pengajar TSC sekarang ini sebanyak 9 orang. Ages dibantu oleh beberapa kawan untuk menjadi pengajar di TSC dan dirinya sendiri juga merupakan salah satu pengajar TSC. Murid TSC sangatlah bervariasi jika dilihat dari segi umur. 40% murid TSC adalah anak kecil, 30% remaja, dan 30% lainnya adalah orang tua dan orang yang sudah bekerja.




Bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan apabila ingin bergabung menjadi anggota pelajar TSC ? Awal mulanya Ages tidak memungut biaya bagi mereka yang ingin belajar musik. Seiring dengan bertambah banyaknya peminat, Ages tidak dapat menangani urusan biaya melalui kantongnya sendiri. Sekarang ini Ages memungut donasi bagi para pelajar sebesar Rp 150.000 untuk 1 bulan, Harga Rp 150.000 ini bukan meruapakan harga mati bagi para murid. Bagi Anda yang ingin menjadi anggota TSC dan merasa keberatan dengan harga tersebut Anda tidak perlu khawatir.  TSC memiliki program subsidi silang dan Anda masih memiliki kesempatan untuk belajar bermain musik.

Kegiatan musik di luar Taman Suropati juga biasa diikuti oleh TSC. Beberapa event bergengsi sudah dihadari oleh TSC. 4 tahun belakangan ini, Ages dan TSC mendapatkan kesempatan untuk bermain di Gedung Kesenian Jakarta. Prestasi TSC lainnya adalah bermain di Istana Negara pada event tertentu dan TSC mendapatkan rekor muri pada tahun 2009 dari Jaya Supratna sebagai komunitas musik pertama di Indonesia. Pada tahun 2015 yang akan datang, Ages akan mengadakan event dengan tema 25 tahun berkarya dan pastinya anak didik TSC akan mengisi acara pada event tersebut.

Pemerintah juga memberikan dukungan terhadap TSC. Bagi Ages, salah satu dukungan pemerintah terbesar adalah TSC masih diinjinkan untuk bermian di Taman Suropati dan pemerintah memberikan lambang kunci G untuk menandakan terdapat kelompok musik di Taman Suropati.
Bagi Anda dan keluarga yang sudah bosan dengan mall setiap hari Minggu dan  tertarik untuk belajar bermain musik, TSC lah tempatnya. TSC berkegiatan di Taman Suropati setiap hari Minggu dari jam 10 pagi sampai 2 siang.





Taman Suropati Chambers
Jl. Imam Bonjol, Menteng
0818 151 883     -  Ages Dwiharso
http://tamsurchamber.wordpress.com/



Created by,
Ilona Dea




posted by Ilona Dea

1 comment:

  1. wow keren kak infonya.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete